PERTEMANAN




PERTEMANAN

(Riri Satria)
Kita memang harus mampu memisahkan antara sosok pribadi dan karya atau kinerja, baik di dunia bisnis, akademik, seni, dan sebagainya. Untuk itu, kita memiliki 4 kelompok atau cluster. Cluster ini dibentuk oleh dua variabel, yaitu personality dan kinerja dan teman itu, dan itu yang menentukan gaya perteman kita dengan dia atau mereka.
Pertama, orang-orang yang memiliki karya dan kinerja
hebat
sekaligus pribadi yang menyenangkan atau memiliki chemistry yang pas dengan kita. Maka jadikanlah sahabat untuk diskusi berbagai hal, bahkan kalau perlu jadikankah dia "guru" dalam hidup. Ini adalah teman yang akan membawa kita ke arah kemajuan.
Kedua, orang-orang yang karya dan kinerjanya
hebat
tetapi bukanlah pribadi yang menyenangkan, bahkan mungkin menjengkelkan, chemistry yang bersangkutan tidak pas dengan kita. Maka jadikanlah teman sebatas membahas karya atau kinerja, hanya itu, tidak lebih. Pertemanan hanya bersifat transaksional.
Ketiga, orang-orang yang karya dan kinerjanya biasa-biasa saja, bahkan mungkin tidak bagus, tetapi merupakan pribadi yang menyenangkan dan cemistry pas dengan kita. Maka jadikanlah sahabat, tetapi jangan banyak membahas karya. Persahabatan dilakukan untuk hal-hal yang hubungan emosional, keakraban, atau kebersamaan.
Keempat atau terakhir, sudahlah karya dan kinerjanya biasa-biasa saja atau mungkin tidak bagus, dia juga sekaligus pribadi yang menjengkelkan. Ya hindari sajalah. Bisa darah tinggi plus asam urat berteman dengan orang seperti ini .. hehehe 😀
Tentu saja kriteria keempat kelompok di atas subyektif untuk orang perorang. Ya, silakan saja.
Cheers sahabat semua ...
--- Ini repost dari tulisan 6 tahun yang lalu (tahun 2015)