Mengajukan Pertanyaan

SCIENCE ENGINEERING PRACTICES (ENGINEERING DESIGN PROCESS)

STEP 1: Mengajukan Pertanyaan dan Mendefinisikan Masalah

SASARAN EKSPEKTASI KINERJA

Siswa harus dapat:

-->> Mengajukan pertanyaan tentang alam dan dunia buatan manusia—misalnya: Mengapa ada musim? Apa yang dilakukan lebah? Mengapa struktur itu runtuh? Bagaimana tenaga listrik dihasilkan?

-->> Membedakan pertanyaan ilmiah (misalnya, Mengapa arus berbanding terbalik dengan resistor dalam hukum ohm?) dari pertanyaan non-ilmiah (Resistor warna mana yang paling cantik?).

-->> Merumuskan dan memperbaiki pertanyaan yang dapat dijawab secara empiris di kelas sains dan menggunakannya untuk merancang penyelidikan atau membangun solusi pragmatis.

-->> Mengajukan pertanyaan menyelidik yang berusaha mengidentifikasi premis argumen, meminta elaborasi lebih lanjut, memperbaiki pertanyaan penelitian atau masalah rekayasa, atau menantang interpretasi kumpulan data—misalnya: Bagaimana Anda tahu? Bukti apa yang mendukung argumen berdasarkan data?

-->> Mencatat fitur, pola, atau kontradiksi dalam pengamatan dan ajukan pertanyaan tentang mereka.

-->> Mengajukan pertanyaan tentang kebutuhan atau keinginan yang harus dipenuhi untuk menentukan batasan dan spesifikasi solusi untuk rekayasa.